Cara Mengetahui Alamat IP Printer

Bagaimana Mengetahui Alamat IP Printer Membantu Mengatasi Masalah?

Cara Mengetahui Alamat IP Printer - Adh Blog
Alamat IP adalah alamat digital untuk perangkat yang terhubung ke internet. Komputer kami menggunakan alamat IP untuk menemukan dan menggunakan sumber daya online. Namun komputer bukanlah satu-satunya yang dapat terhubung secara online dan memiliki alamat IP.

Salah satu kebutuhan pokok peralatan kantor, printer telah lama memiliki kemampuan terhubung ke internet. Alasan utama untuk melakukan hal ini adalah untuk menawarkan konektivitas jarak jauh dengan komputer. Dengan menggunakan alamat IP printer, Anda dapat menghubungkannya melalui internet dan mencetak dokumen dari komputer Anda tanpa menggunakan koneksi kabel fisik.

Namun, printer juga terkenal sering mengalami kegagalan fungsi dan menunjukkan perilaku membingungkan yang tidak diinginkan. Jadi, seringkali perlu untuk memecahkan masalahnya. Masalahnya bisa mulai dari tidak dapat terhubung ke printer, hingga tidak dapat menggunakannya.

Sebagian besar masalah ini dapat didiagnosis jika Anda mengetahui alamat IP printer. Hari ini, kami akan mengajari Anda cara melakukan hal itu menggunakan berbagai metode dan perangkat.

Bagaimana Mengetahui Alamat IP Printer Membantu Mengatasi Masalah?

Demikian pula, Anda juga dapat mendiagnosis masalah terkait jaringan. Misalnya, jika printer terhubung tetapi tidak dapat dihubungi, gunakan pelacak IP, Anda dapat mengetahui apakah itu dapat dijangkau atau tidak.

Jadi, masalah jaringan memerlukan mengetahui alamat IP printer.

Metode Menemukan Alamat IP Printer

Ada beberapa metode untuk menemukan alamat IP printer. Tergantung pada jenis masalah yang Anda alami, Anda mungkin harus menggunakan pendekatan yang berbeda. Mari kita mulai dengan metode paling dasar terlebih dahulu.

1. Periksa Tampilan Printer

Kebanyakan printer baru memiliki tampilan digital dengan menu yang mudah dinavigasi. Tergantung pada model spesifik Anda, mungkin ada tombol padat di sekitar layar yang dapat membantu Anda bernavigasi, atau mungkin layar sentuh.

Apa pun modelnya, sebagian besar printer yang dapat terhubung ke internet memiliki menu pengaturan jaringan. Berikut beberapa langkah umum untuk menemukannya.

  • Navigasikan ke menu printer menggunakan kontrol.
  • Buka pengaturan "Pengaturan" atau "Jaringan".
  • Cari pengaturan "Status Jaringan" atau "TCP/IP".
  • Alamat IP harus ditampilkan.

Proses ini dapat berbeda untuk setiap printer, jadi pastikan untuk membaca manual model spesifik Anda sebelum melakukan hal ini. Jika Anda tidak memiliki manual, lakukan pencarian Google untuk model spesifik Anda.

2. Cetak Halaman Konfigurasi Jaringan

Banyak printer yang dapat mencetak halaman konfigurasi jaringan yang menyertakan alamat IP. Halaman ini dapat dicetak secara otomatis dengan menekan kombinasi tombol atau Anda harus masuk ke pengaturan dan meminta perangkat mencetaknya.

Metode mana yang digunakan printer Anda bergantung pada produsen dan modelnya, namun secara umum, Anda harus memeriksa manual printer Anda untuk mendapatkan petunjuknya. Ini akan memberi tahu Anda di mana Anda perlu menekan kombinasi tombol tertentu pada printer.

Jika kombo tombol tidak berfungsi atau tidak dapat diterapkan, cari opsi seperti "Cetak Konfigurasi Jaringan" atau "Ringkasan Jaringan" di menu digital printer Anda.

Setelah berhasil, printer akan mencetak satu atau dua halaman yang juga memiliki alamat IP-nya.

3. Menggunakan Panel Kontrol Komputer Anda

Jika Anda sudah terhubung ke printer melalui komputer Anda, berikut beberapa cara untuk mengetahui alamat IP-nya.

Di Windows:

Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat menggunakan panel kontrol untuk menemukan alamat IP. Inilah cara Anda melakukannya.

  • Buka Kontrol Panel dan buka Perangkat dan Printer.
  • Klik kanan pada printer Anda dan pilih Properti Printer.
  • Buka tab Port. Alamat IP biasanya tercantum di sini di samping "Nama Port".

Cukup mudah dan sederhana

Di macOS:

  • Inilah yang perlu Anda lakukan di Mac.
  • Buka System Preferences dan buka Printer & Pemindai.
  • Pilih printer Anda dari daftar.
  • Klik Opsi & Persediaan lalu buka tab Umum. Alamat IP mungkin tercantum di sini.

Tergantung pada versi spesifik Mac Anda, prosesnya mungkin sedikit berbeda. Jika Anda tidak yakin tentang hal itu, maka Anda dapat mencari dengan pertanyaan berikut “Cara Menemukan IP Printer di macOS [versi Anda].”

4. Antarmuka Perute

Jika printer Anda terhubung ke internet tetapi tidak ke komputer/ponsel Anda, maka Anda memeriksa alamat IP-nya melalui router Anda.

Sekali lagi, pendekatan ini bergantung pada merek dan model router Anda.  Namun, secara umum, jika Anda masuk ke antarmuka web router, Anda dapat menemukan bagian seperti "Perangkat Terhubung" atau "Klien DHCP". Printer Anda harus terdaftar di sana dengan alamat IP-nya.

5. Dengan Baris Perintah

Pada platform Windows, dimungkinkan untuk mengetahui alamat IP printer yang terhubung dengan command prompt. Ada dua perintah dasar yang dapat Anda gunakan di sini; perintah ping dan perintah ARP. 

Menggunakan perintah Ping:

  • Buka Command Prompt dengan mencari "cmd" di bilah pencarian windows Anda.
  • Ketik “ping nama_printer”. Gantikan "nama_printer" dengan nama sebenarnya dari printer seperti yang tertera pada bagian “perangkat dan printer/device and printer”.
  • Alamat IP akan muncul di respons.

Menggunakan perintah ARP:

  • Ketik arp -a dan tekan Enter.
  • Periksa daftar alamat MAC printer Anda, dan alamat IP yang sesuai akan ditampilkan.

Perintah ARP aneh untuk digunakan karena mengharuskan Anda mengetahui alamat MAC printer Anda secara pasti, jadi umumnya lebih baik menggunakan perintah Ping.

Mengetahui alamat IP printer dapat banyak membantu Anda dalam mendiagnosis dan memecahkan masalah. Kami membahas beberapa metode umum untuk menemukan alamat IP Printer. Dengan menggunakan cara-cara ini seharusnya Anda bisa melakukannya dengan mudah.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)
© Adh Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain