12 Makanan Tinggi Protein untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

Protein bekerja untuk meningkatkan massa otot, menjaga kesehatan tulang, dan nutrisi baik untuk ibu hamil. Lalu apa saja jenis makanan berprotein

12 Makanan Tinggi Protein untuk Menunjang Kesehatan Tubuh - Adh Blog
Setiap harinya tubuh membutuhkan asupan protein agar tetap sehat. Melansir Medlineplus, orang dewasa membutuhkan 10-35% protein dari jumlah kalori harian. Oleh karena itu makanan tinggi protein harus selalu ada dalam setiap hidangan yang dikonsumsi.

Selain menjaga agar tubuh tetap sehat, protein yang tinggi juga baik untuk menunjang aktivitas diet. Protein bekerja untuk meningkatkan massa otot, menjaga kesehatan tulang, dan nutrisi baik untuk ibu hamil. Lalu apa saja jenis makanan berprotein tinggi yang sebaiknya dipilih?

12 Makanan Tinggi Protein yang Bagus untuk Kesehatan

Protein banyak terdapat dalam makanan dari hewani maupun nabati. Biasanya makanan dari kedua jenis inilah yang harus ada dalam setiap porsi makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini makanan tinggi protein untuk diet serta menjaga kesehatan yang diperlukan:

1. Daging Sapi tanpa Lemak

Protein hewani dari daging sapi cukup tinggi khususnya yang tanpa lemak seperti bagian has luar dan has dalam. Selain protein daging sapi tanpa lemak juga mengandung vitamin B dan berbagai jenis mineral seperti zat besi, selenium dan fosfor.

2. Dada Ayam

Dada ayam terkenal sebagai makanan diet karena tinggi protein. 100 gram dada ayam bisa mengandung 31 gram protein. Selain membuat kenyang dada ayam juga mudah pengolahannya.

3. Telur

Makanan pengganti daging yang murah ini bisa mengandung 6 gram protein di setiap butirnya. Sebagai makanan diet telur biasanya dimasak dengan cara direbus dan baik untuk sarapan.

4. Ikan Tuna

Makanan tinggi protein rendah lemak yang berasal dari laut ini bisa memiliki 30 gram protein di setiap 28 gramnya. Ikan tuna juga kaya lemak omega-3 yang bagus untuk otak.

5. Ikan Cakalang

Ikan ini bisa memiliki protein 28,24 gram di setiap 100 gramnya. Ikan ini bagus untuk kesehatan jantung, otak dan kaya akan antioksidan.

6. Udang

Udang bisa memiliki 24 gram protein untuk setiap 28 gramnya. Kandungan selenium dan vitamin B12 nya juga tinggi serta rendah lemak.

7. Keju Cottage

Jika ingin mengonsumsi keju saat diet maka keju cottage yang kaya protein bisa menjadi pilihan. Keju ini terkenal rendah lemak sekaligus kaya akan kandungan kalsium, fosfor dan selenium.

8. Yoghurt

Saat diet yoghurt menjadi makanan yang paling disarankan. Setiap 170 gram yoghurt mengandung 17 gram protein. Teksturnya yang lembut dan asam membuat yoghurt kerap dipadukan dengan jenis makanan manis atau asin.

9. Tempe

Makanan tinggi protein murah asli Indonesia ini kaya protein nabati. Di setiap 100 gram tempe bisa mengandung 8 gram protein. Pengolahan tempe tanpa digoreng minyak banyak sangat baik untuk diet.

10. Kacang Tanah

Biasa diolah menjadi selai, kacang tanah memiliki kandungan protein tinggi, folat, vitamin E dan magnesium. Kadar proteinnya yang tinggi bisa membuat rasa kenyang bertahan lama.

11. Gandum Utuh

Terkenal sebagai sumber karbohidrat dan khusus gandum utuh kadar proteinnya jauh lebih tinggi. 100 gram gandum utuh bisa memiliki 13,2 gram protein. Sama seperti kacang tanah, mengonsumsi gandum utuh juga bisa membuat kenyang lebih lama.

12. Bayam

Sayuran juga memiliki kandungan protein tinggi salah satunya adalah bayam yang terkenal dengan zat besinya. 100 gram bayam bisa memiliki 2,82 gram protein serta vitamin A yang baik untuk mata.

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan asupan protein setiap harinya dengan merancang menu yang sesuai. Anda tidak akan pernah bosan dengan pilihan menunya, apalagi jika protein diperoleh dari olahan steak daging sapi tanpa lemak yang memiliki tekstur lembut dan lebih mudah dimasak.

Steak yang hanya perlu dibakar menjadi sajian paling aman untuk diet dan meningkatkan massa otot. Anda yang ingin makan steak bisa langsung datang ke steak Holycow yang asli.

Steak Holycow juga sudah memiliki sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability) sehingga Anda bisa makan daging dengan aman. Founder Holycow Wynda Mardio juga berinovasi dari produknya yaitu tanpa harus repot datang sendiri Anda bisa mendatangkan Meat & Grill BBQ catering service ke rumah.

Dapatkan pengalaman makan steak asli halal yang terbaik di Indonesia dan asupan protein pun tetap terjaga. Yuk ke Holycow.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (yang lain)”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.

Catatan : Jangan spam,dan harap gunakan sebaik-baiknya dan sebijak mungkin form ini. Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin)
© Adh Blog. All rights reserved. Developed by Jago Desain